cover
Contact Name
Aprilia Triaristina
Contact Email
aprilia@fkip.unila.ac.id
Phone
+6282175980724
Journal Mail Official
pesagi@fkip.unila.ac.id
Editorial Address
Gedung J FKIP Universitas Lampung, Jalan Prof. Soemantri Brodjonegoro No. 1 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung 35145
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Published by Universitas Lampung
ISSN : -     EISSN : 27458717     DOI : https://doi.org/10.23960/pesagi
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) adalah blind and peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari disiplin ilmu Pendidikan Sejarah. Artikel-artikel yang dipublikasikan di PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) meliputi hasil penelitian. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Lampung. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) menerima manuskrip atau artikel dalam bidang pendidikan sejarah dan sejarah dari berbagai kalangan akademisi.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 8 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)" : 11 Documents clear
Kontribusi Herlina Kasim dalam Upaya Pembebasan Irian Barat dari Penjajahan Belanda Tahun 1962-1963 Pipin Ariyanti; Syaiful M; Yustina Sri Ekwandari
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 8 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.955 KB)

Abstract

The problem of this research is what are the contributions Herlina Kasim in liberation of West Irian from Dutch colonial rule in 1962-1963? The purpose of this research is to know Contributions Herlina Kasim in an effort to liberate West Irian from Dutch colonial rule in 1962-1963. The method used is the method of historical research with the step that is heuristic, criticism, interpretation, and Historiography. Research results obtained are Contributions given Herlina Kasim in liberation of West Irian from Dutch colonial rule in 1962-1963 there are two things that ideas and contributions for physical which has an impact on the struggle for liberation of West Irian from Dutch colonial rule Year 1962-1963.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa sajakah kontribusi Herlina Kasim dalam upaya pembebasan Irian Barat dari penjajahan Belanda tahun 1962-1963? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Kontribusi Herlina Kasim dalam upaya pembebasan Irian Barat dari penjajahan Belanda tahun 1962-1963. Metode yang digunakan adalah metode penelitian historis dengan tahapan yaitu Heuristik, Kritik, Interpretasi, dan Historiografi. Hasil penelitian yang di peroleh adalah Kontribusi yang diberikan Herlina Kasim dalam upaya pembebasan Irian Barat dari penjajahan Belanda tahun 1962-1963 ada dua hal yaitu sumbangsih pemikiran dan sumbangsih fisik yang memberikan dampak terhadap perjuangan pembebasan Irian Barat dari penjajahan Belanda Tahun 1962-1963.Kata kunci: herlina kasim, irian barat, kontribusi
Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Lesi Yusna Meda; Wakidi Wakidi; Syaiful M Syaiful M
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 8 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.297 KB)

Abstract

The problem in this study is the fact that the students learning results was low in History subject. This study aims to find out the influence ofCooperative Learning Model Take and Give Type on students learning results withpopulation of grade X Social Science of Senior High School 1 Pesisir Selatan and the samples were taken with Purposive Sampling. The data collection technique was carried out through observation, documentation and tests. This study used experimental research method with post-test only control group design. The data were analyzed using Etacorrelation formula. The result of the data analysis concluded that there was an influence of take and give learning model on students learning result. This is shown from the results of the data analysis as classified strong category of Eta correlation coefficient of 0.72.Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give terhadap hasil belajar siswa dengan populasi Kelas X IPS SMA Negeri 1 Pesisir Selatan dan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain postest-only control group design. Data dianalisis menggunakan rumus kolerasi Eta. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran take and give terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data berada pada kategori kuat dengan koefisien korelasi Eta sebesar 0,72.Kata kunci: hasil belajar, model, pengaruh
Hubungan Prestasi Belajar Sejarah dengan Kesadaran Sejarah SMA Negeri 1 Padang Cermin Agnes Titis Endarliani; Wakidi Wakidi; Maskun Maskun
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 8 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.874 KB)

Abstract

The purpose of this study is to describe the correlation between learning achievement of History subject towards students' historical awareness in grade XII of Senior High School (SHS) Padang Cermin. This study used descriptive survey method. The data analysis technique was done using Jaspen's correlation coefficient (M) and the statistical test coefficient of Jaspen's correlation coefficient (M). The result of the data analysis and the hypothesis testing showed that there was a significant correlation between Learning Achievement of History subject towards students' historical awareness in grade XII SHS 1 Padang Cermin academic year 2016/2017.Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan hubungan prestasi belajar sejarah dengan kesadaran sejarah siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Padang Cermin. Metode yang digunakan adalah metode survei deskritif. Teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan korelasi Koefisien Korelasi Jaspens (M) dan Uji Statistik Koefisien Korelasi Jaspens (M). Hasil analisis data dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada hubungan signifikan antara Prestasi Belajar Sejarah dengan Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Padang Cermin Tahun Ajaran 2016/2017.Kata kunci: hubungan, kesadaran sejarah, prestasi belajar
Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Intruction terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Minanti Lilitanti; Wakidi Wakidi; Muhammad Basri
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 8 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.024 KB)

Abstract

The Research purposes this is to know "There is a positive and significant influence between Problem Based Intruction model with critical thinking ability. Research using research design Posttest Only Control Group Design. think krits of the influence of the magnitude of the significant level of influence is 0.42 and significant at 22.65 and through the Spearman correlation test results obtained are 0.362 from the influence of Problem Based Intruction model with ability on subject history class x high school Muhammadiyah 2 Bandar Lampung academic year 2016/2017.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Problem Based Intruction terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian menggunakan desain penelitian Posttest Only Control Group Design besarnya taraf signifikan pengaruh yaitu 0,42 dan signifikan yaitu 22,65 dan melalui uji Korelasi Spearman didapat hasil yaitu 0,362 dari pengaruh model pembelajaran Problem Based Intruction terhadap kemampuan berpikir kritis pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017.Kata kunci: berpikir kritis, model pembelajaran, problem based instruction
Peranan Sultan Fatah dalam Pengembangan Agama Islam di Jawa Tri Tunggal Dewi; Wakidi Wakidi; Suparman Arif
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 8 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (130.807 KB)

Abstract

The purpose of this study to the know efforts of Sultan Fatah in developed Islam in Java. This study used historical research methods with literature and documentation techniques. The techniques off data analysis used qualitative data analysis. Based on the research results obtained data that the Sultan Fatah in the development of Islam has managed to build a political power during his reign. The occurrence of Islamic development during the reign of Sultan Fatah influenced the life of the society to be replaced by the new changes of the Buddhist Shiva era and replaced it with the Islamic era. Sultan Fatah developed Islam in Java by extending the region, defending the kingdom, and applying the Islamic law.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui usaha Sultan Fatah dalam mengembangkan agama Islam di Jawa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian historis dengan teknik kepustakaan dan teknik dokumentasi. Teknikan alisis data menggunakan analisis data kualitatif .Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa Sultan Fatah dalam pengembangan agama Islam telah berhasil membangun sebuah kekuasaan politik pada masa pemerintahannya. Terjadinya pengembangan Islam pada masa kekuasaan Sultan Fatah yang mempengaruhi kehidupan masyarakat untuk digantikan dengan perubahan yang baru dari zaman Syiwa Budha dan menggantikannya dengan zaman Islam. Sultan Fatah mengembangkan Islam di Jawa dengan cara memperluas wilayah, mempertahankan kerajaan, dan menerapkan hukum Islam.Kata kunci: pengembangan, peranan, sultan fatah
Hubungan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Ambika Luhitadati; Maskun Maskun; Suparman Arif
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 8 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.95 KB)

Abstract

The purpose of this study is to determine whether or not there is a significant correlation between achievement motivation with students' learning results on History Subject. The data collection technique in this study was carried out by means of quantitative with descriptive survey method of Jaspen's correlation formula. The results showed a significant standard level or 95% confidence of the data truth which meant there was a significant correlation between Achievement Motivation with Students' Learning Results. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode survei deskritif dengan rumus korelasi Jaspens. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh tingkat standar signifikan atau kepercayaan 95% dari kebenaran data yang berarti ada hubungan yang signifikan antara Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Siswa.Kata kunci: hubungan, motivasi berprestasi, hasil belajar
Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Agus Mastrianto; Ali Imron; Maskun Maskun
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 8 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (496.176 KB)

Abstract

The problem of this research is "What is the use of peer tutoring learning model effectively to improve student interest. The purpose of this study was to determine the "effective use of the learning model that is equal to 64.3% against an increase in interest in the amount of 89.28% by using a formula percentage of the result is 89.28% of the effectiveness of the use of Peer tutoring learning model to increase student interest. on the subjects of history IPS1 class XII students of SMAN 17 Bandar Lampung academic year 2016/2017.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan model pembelajaran tutor sebaya efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran yaitu sebesar 64,3% terhadap peningkatan minat yaitu sebesar 89,28% dengan menggunakan rumus presentase didapat hasil yaitu 89,28% dari efektivitas penggunaan model pembelajaran Tutor Sebaya untuk meningkatkan minat belajar siswa. pada Mata Pelajaran Sejarah siswa Kelas XII IPS1 SMA Negeri 17 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017.Kata kunci: minat, model pembelajaran, tutor sebaya
Pengaruh Penjelasan Guru terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Agung Aditya Utomo; Ali Imron; Syaiful M
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 8 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.495 KB)

Abstract

The purpose of this study was to determine whether or not the influence of teacher explanation on student's learning on the subject of history. Data collection techniques in this quantitative study were tests, questionnaires, and interviews. This research used pre-experimental research design with pre- experimental One-Shot Case Study design. Data analysis technique tha used was method of quantitative data analysis with hypothesis test using t test. The results showed that tcount = 2.257 is bigger than ttable 2.042 which means that when the teacher explanation is good it will be directly proportional to good student understanding. therefore it can be concluded that there is an influence of teacher explanation to students' understanding.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penjelasan guru terhadap pemahman siswa pada mata pelajaran sejarah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian kuantitatif ini ialah tes, angket, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre- eksperimen dengan bentuk desain pre-eksperimen One- Shot Case Study. Teknik analisis data yang di gunakan ialah menggunakan metode analisis data kuantitatif dengan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 2,257 lebih besar dari ttabel 2,042 yang berarti ketika penjelasan guru baik maka akan berbanding lurus dengan pemahaman siswa yang baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penjelasan guru terhadap pemahmaan siswa.Kata Kunci: pemahaman siswa, pengaruh, penjelasan guru
Pengaruh Media Scrapbook terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Irren Syahriyanti
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 8 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.428 KB)

Abstract

The purpose of this research to know if there was the influence of the media scrapbook of the result cognitive learning students on the subjects off sociall class accounting class XI SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung years lessons 2015/2016. This research uses experimental methods. A conclusion can be drawn that there is the effect on cognitive study result can be seen from the difference of posttest first and for the second 4,58%, and the difference posttest second and third of 10,42%. The difference between the result of this posttest increased students in every meeting.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Apakah ada pengaruh media scrapbookterhadap hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar kognitif yang dapat dilihat dari selisih persentase posttest pertama dan kedua sebesar 4,58%, dan selisih posttest kedua dan ketiga adalah 10,42%. Selisih hasil posttest ini menunjukkan peningkatan siswa dalam setiap pertemuan.Kata kunci: hasil belajar, media scrapbook, pengaruh
Kebijakan Landrent pada Masa Penjajahan Inggris di Jawa Tahun 1811-1816 Kiki Rizky Palmaya; Wakidi Wakidi; Yustina Sri Ekwandari
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 8 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.634 KB)

Abstract

The problem of this research is, what caused Landrents failure in Java in 1811 to 1816 ?. The research aims to know of landrent failures at England colonialism period in 1811 to 1816. This research used historical method.The data collection technique using the techniques of documentation and literature. Data analysis techniques using qualitative data analysis.The Result of this research that landrents failure caused by the persistence of the feudal system prevailing in Java that making it difficult for British Government to applicated the Tax Instructions, the second there was lowest grade which both lack a European supervisor tax which cause disruptions landrents aplication, and the last there was latter infringement the Tax Instructions in 1814 which causing the landrent to run is not in line with the expectations of the British government as it applies in the Instruction.Rumusan Masalah dalam penelitian ini ialah apakah penyebab gagalnya landrent di Jawa Tahun 1811-1816 ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab gagalnya landrent di Jawa pada masa penjajahan Inggris tahun 1811-1816. Metode penelitian ini menggunakan metode historis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gagalnya landrent disebabkan oleh masih adanya sistem feodalisme yang berlaku di Jawa sehingga menyulitkan pemerintah Inggris untuk menerapkan landrent sampai pada kelas terendah, yang kedua kurangnya tenaga pengawas pajak Eropa yang menyebabkan kacaunya pelaksaanaan landrent, dan yang terakhir adanya pelanggaran Instruksi Pajak Tahun 1814 yang menyebabkan landrent dijalankan tidak sesuai dengan harapan pemerintah Inggris seperti yang berlaku di dalam Instruksi tersebut.Kata kunci: kegagalan, landrent, pemerintah inggris

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 8, No 1 (2020): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 9, No 2 (2021): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 9, No 1 (2021): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 8, No 2 (2020): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 7 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 6 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 5 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 4 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 3 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 2 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 1 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 5 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 4 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 3 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 2 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 1 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 9 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 8 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 7 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 6 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 5 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 4 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 3 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 2 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 1 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 3 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 2 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 1 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 6 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 5 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 4 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 3 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 2 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 1 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 6 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 5 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 4 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 3 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 2 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 1 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 6 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 5 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 4 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 3 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 2 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 1 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) More Issue